IKLAN BULAN INI

Monday 18 March 2013

Mari Berlibur Kemping di Pantai





Kemping di Pantai

Akhir pekan / liburan sabtu minggu sudah bosan dengan kongkow di mall atau di cafe coba kamu inisiatip untuk mengisi liburan tersebut dengan kamping ramai-ramai bersama teman-teman. Kemping di gunung... ah itu sudah biasa coba yang lebih simple namun ga kalah asik... kemping di pantai.. ya anda benar.
Kemping di pantai ga kalah seru dan asik namun sedikit resiko di banding kemping di gunung, selain biaya murah kita dapat bersenang-senang dengan berbagai macam model seperti berenang, surfing kalau kita pilih pantai yang ada ombak bagusnya, atau snorkeling kalau pantainya landai, mancing lalu bakar ikan pada waktu malam hari, mantabkan?

Tidak semua tempat bisa didirikan tenda jika di pantai. Agar lancar kemping di pantainya, ada 7 langkah yang harus di perhatikan.

1. Air Bersih
Persyaratan wajib bawa persediaan air bersih yang cukup jika kita ingin kemping di pantai, selain buat air minum juga sebagai air bilas untuk tubuh kita setelah bermain atau berenang di pantai.

2. Gelombang Pasang
Cari tempat yang sekiranya sedikit jauh dan aman dari jamahan gelombang pasang, jangan mendirikan tenda terlalu dekat dengan bibir pantai, bisa-bisa anda terbangun di tengah laut terseret gelombang pasang saat pagi hari. Oleh sebab itu, perhatikan lokasi tenda anda.

3. Angin
Setelah langkah awal di atas perhatikan lokasi tenda kita juga aman dari gangguan angin. Saat malam hari, angin di tepi pantai cenderung lebih kencang dibanding di gunung. Oleh karena itu, pilih lokasi berdekatan atau di sekitar pepohonan atau semak-semak tinggi di area sekitar pantai.

Tapi ingat, jangan juga memilih kawasan semak yang terlalu rimbun, takutnya ada binatang-binatang yang tidak ingin kita gauli seperti ular atau kalajengking. Carilah area yang sekiranya nyaman dan aman untuk beraktifitas seperti memasak dan menyalakan api unggun.

4. Pasir
Perhatikan lokasi tempat akan kita dirikan tenda apakah pasir cukup padat untuk menancapkan pasak tenda kita. Sedikit jauh dari bibir pantai, bukan suatu masalah asal tenda berdiri dengan mantap.

5. Api Unggun
Ada trik kusus untuk menyalakan api unggun di pantai. Gali pasir sedalam 15 cm lalu masukkan parafin atau kayu bakar kedalamnya lalu bakar setelah itu baru susun kayu diatasnya agar api bisa menyala awet. Galian tadi bertujuan supaya bara api tidak tersapu atau terlindungi dari kejahilan angin dan untuk menghidupkannya lebih mudah. Dan jangan lupa mematikan api sebelum tidur.

6. Kebersihan
Sebelum masuk tenda usahakan kaki atau pakaian yang kita pakai terbebas dari pasir. Usahakan kondisi dalam tenda bebas dari pasir dan bersih sehingga kita nyaman tidur di dalamnya.

7. Kantong Plastik
Kita harus menjaga lingkungan. Wajib hukumnya bagi kita untuk menjaga kebersihan lingkungan. Siapkan selalu plastik besar untuk memasukkan sisa makanan dan sampah selama kemping. Jangan sekali-kali mengubur sampah di dalam pasir. Jadilah traveler yang bertanggung jawab.








Share This Post →


No comments:

Post a Comment