Friday, 16 October 2009
Kaktus Bisa Tegang
Nanti ada viagra apaan lagi ya kira-kira?
Iklan Bis Kota Nggak Cocok Sama Penumpang
Thursday, 15 October 2009
Wednesday, 14 October 2009
Sendal Mereknya Nggak Jelas
Menjaga Privasi Saat Menggunakan Laptop
Masker Gas Air Mata Paling Murah
Dipipisin Biar Kebonya Tumbuh Kumis
Prosesor Yang Bisa Bikin Komputer Jadi Greng
Celana Dalem Jin!
Tuesday, 13 October 2009
Toko Kelontong Bernama Gugel
Ada-ada aja orang nyontek, nggak ketulungan dah. Bukan cuma nama, tapi desain grafisnya diambil juga.
Uhuk... btw, gw juga tukang nyotek yak? Idih malu ah....
Kucing Kecil Menanti Cinta
Duh, kaciannya si kucing menanti cinta. Mana dia nyanyi lagu KD lagi... ck ck ck kuaciaaan ci ucing...
Monday, 12 October 2009
Memperbaiki Accu Aki Soak
Artikle yang sangat menarik ini saya peroleh dari www.saft7.com.
Accu (aki) mobil ataupun motor yang paling banyak digunakan adalah jenis accu basah. Accu basah yang dimaksud adalah Lead Acid Battery. Paling tidak sebulan sekali kita perlu melihat ketinggian air accu yang bisa dilihat dari body samping accu tersebut. Jangan sampai berada di bawah Level Minimumnya karena akan merusak sel accu itu sendiri. Umur pakai accu jenis ini berkisar sekitar 1.5-2.5 tahun tergantung kondisi mobil/motor yang menggunakannya.
Suatu accu mulai rusak ketika tidak bisa menyimpan arus listrik dengan baik atau tegangan (voltase) nya turun dari yang seharusnya. Biasanya ditandai dengan bunyi klakson tidak selantang biasanya, lampu tidak seterang biasanya, waktu starter mesin jadi lebih panjang.. bahkan lebih parah adalah tidak bisa starter mesin. Bahasa paling umum adalah “Aki Soak”.
Baik tidaknya kondisi accu bisa diukur dengan alat tes accu khusus, seperti simulasi pembebanan pada accu kemudian terukur seberapa kuat accu tersebut.Alat tes yang lebih bagus lagi yang banyak digunakan oleh toko penjual accu seperti ini
Selain di tes dengan pembebanan arus, baik tidak accu juga dipengaruhi oleh kualitas air accu itu sendiri yang bisa diukur dengan Battery Hydrometer. Alat ini wajib bagi toko atau tukang service accu. Jika kita ingin mempunyai alat ini bisa saja.. ga ada ruginya.. karena bisa mengontrol kondisi ‘kesehatan’ air accu. Harganya berkisar mulai dari 25ribu rupiah. (tidak mahal, khan?)
Cara penggunaannya sangat sederhana, yaitu dengan menyedot air accu, kemudian melihat bandul penunjuknya memperlihatkan kondisi apa.
Jika permukaan air accu berada pada bidang Hijau, berarti kondisi air accu sangat baik.
Jika permukaan air accu berada pada bidang Putih, berarti kondisi air accu juga masih baik.
Jika permukaan air accu berada pada bidang Merah, berarti kondisi air accu butuh di recharge, atau sekaligus bisa juga menunjukkan ada masalah charging pada alternator (alternator bermasalah/rusak).
Perpanjang Masa Pakai Accu…
Seiring dengan masa/usia pakai accu basah pada kendaraan, lembar cell accu akan terlapis oleh deposit Sulfat. Semakin tebal deposit sulfat ini membuat accu semakin rendah performanya. Hingga saking tebalnya deposit tadi.. akhirnya membuat accu benar-benar mati / soak, tidak bisa diisi (recharge) lagi. Umumnya .. solusinya adalah harus mengganti dengan accu baru.
Kita bisa membuat langkah alternatif untuk memperpanjang masa pakai accu basah pada mobil atau motor kita.
Banyak informasi yang di dapat di Internet tentang bubuk EDTA ( ethylenediamine tetraacetic ) . Bubuk EDTA sendiri umumnya sering digunakan untuk pengawet makanan. Namun karena penggunaannya ternyata juga bermanfaat untuk merontokkan deposit sulfat pada cell accu, dibuat EDTA yang lebih khusus dengan kode Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) . Pada beberapa toko kimia menyebutnya sebagai “EDTA Teknis“. Saya mendapatkannya dengan harga 33ribu/kg.
Tentunya ini adalah solusi murah, hemat dan tepat guna.
Mari ber-EDTA…
Kita persiapkan terlebih dahulu adalah:
1. Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) atau (EDTA Teknis)
2. Air Destilasi (Air Aquadest), saya menggunakan air accu botol BIRU. (bukan air accu zuur!)
3. Sendok Teh
4. Gelas
5. Battery Hydrometer
6. Lap untuk bersih-bersih.
Pastikan komposisinya terjaga:
Untuk ritual perawatan rutin accu, Siapkan 2-3 sendok teh Na4-EDTA untuk 1 liter air Aquadest
Untuk accu yang sudah soak, siapkan 4-6 sendok teh Na-EDTA untuk 1 liter air Aquadest
Na4-EDTA harus diaduk larut dengan air accu, untuk itu agar mudah, pengadukan dilakukan di luar accu.
– www.saft7.com –
Setelah semua siap, mari kita mendekati accu yang akan kita kasih ‘vitamin’ ini.
Setiap lubang / cell, kita lihat kondisinya dengan Hydrometer, saya menemukan ukuran yang berbeda-beda untuk tiap cell.
Cell yang terlihat lebih dekat ke ‘merah’ memerlukan ‘vitamin’ lebih banyak ketimbang Cell yang sehat (hijau).
Tapi tiap Cell tetap perlu dituangkan ‘vitamin’ setiap bulannya agar deposit sulfat bisa dirontokkan, sehingga performa accu tetap prima.
Tentunya juga.. jika air accu kurang dari level yang dianjurkan, segera tambahkan juga dengan air accu berbotol BIRU.
– www.saft7.com –
Wah ternyata rekan saya ada yang accu motornya soak.
Ketika diukur, ternyata menunjukkan voltase dibawah 1 volt!
Nah segeralah accu basah motor ini di-EDTA kan..
Untuk accu yang soak, setelah ditambahkan ‘vitamin’ tersebut, memerlukan ReCharging (di charge ulang). Dan untuk perawatan bulanan, kendaraan digunakan seperti biasa saja.
Motor yang accu nya soak sedang di ReCharging… perlahan-lahan nilai voltase accu berangsur naik.
CATATAN:
Tips ini hanya untuk accu berjenis Accu Basah, dengan ciri-ciri ada baut untuk mengisi air accu pada tiap Cell nya. 6 baut Cell untuk accu 12volt, dan 3 baut Cell untuk accu 6volt.
Accu jenis MF (Maintenance Free) tidak dapat memanfaatkan tips ini, karena konstruksi MF tidak memungkinkan kita menambahkan air accu kecuali dengan cara khusus (misalnya dengan cara disuntik, dsb).
Accu jenis Gell atau Spiral Gel juga tidak dapat memanfaatkan tips ini.
Tidak semua accu basah yang soak bisa di’hidup’kan kembali karena beberapa sebab, antara lain korslet (short circuit) di dalam Cell, Cell sudah rusak parah, dsb.
Semoga bermanfaat, Salam hemat!
Sumber referensi:
What is EDTA
What is Lead Acid Battery
Lead-Acid Battery Information
Some Technical Details on Lead Acid Batteries
EDTA Restores Sulfated Batteries
EDTA Restores Sulfated Lead Acid Batteries
Informasi Toko penjual EDTA Teknis antara lain:
Harum Kimia - Kramat Raya 23A, Jakarta - 021.3900347
Harum Sari - Kramat Raya 103A, Jakarta - 021.3904824
Manusia Kalah Sama Monyet
Hehehehe... lebay banget gw. Palingan juga cuma kebetulan aja si nyom-nyom menang.
Monyet Garuk-Garuk Ketek
Celananya Dibawa Kabur Macan
Halah si mas panik banget celananya dibawa kabur macan. Masih mending kan? Daripada isinya celana yang dibawa kabur? Hihihihi......
Dicoblos Pas Di Anunya
Aduh! Jerawat Kejepit Pintu
Restart server revenue assurance Moneta
riko.saputra: portnya saya ganti pak..
Yerry: brp
riko.saputra: untuk menghindari restart server
jadi 8750
lalu diamond server nya saya perbaharui
Yerry: trus gmn lagi
oo, dicopy lagi ya ?
riko.saputra: bisa diambil di server moneta /moneta_home/DiamondServer.in.bat
iya Pak
Yerry: copy hanya satu file itu ?
riko.saputra: iya
copy dimasukkan ke direktori server/bin
Yerry: direktori server nya dimana ya
riko.saputra: server/bin itu di lokal komputer kita pak
di jadikan satu dengan diamondserver.bat yang sebelumnya..
Yerry: yg di server ga ada direktori /moneta
yg ada /moneta_home
disitu ya
riko.saputra: oiya
kalo yang di server moneta /moneta_home/DiamondServer.in.bat
Yerry: ok
riko.saputra: lalu, file DiamondServer.in.bat itu dijadikan satu dengan diamondserver yang ada sebelumnya pak..
Yerry: itu ditaruh di /server/bin di lokal ya
riko.saputra: dijadikan satu folder..
iya
lalu parser diarahkan ke "DiamondServer.in.bat"
centang yang "connect to reference database"
Yerry: sik tak coba e
engine path nya diubah ke DiamondServer.in.bat itu ya ?
riko.saputra: iya pak
port: 8750
Yerry: port udah benar, udah diganti engine path nya, udah dicentang connent nya
trus untuk lihat database nya gmn ya
riko.saputra: exit dulu diamondnya pak..
Yerry: ini udah connected :D
good
trus gmn ya
riko.saputra: kalo begitu coba open file xml nya..
Yerry: sudah
siska.xml udah tak load
udah kelihatan field nya
riko.saputra: apa log error masih muncul?
Yerry: trus mapping nya biar muncul databasenya gmn ya
error udah g mucul :)
riko.saputra: mapping itu yang tab sebelahnya pak
"Mappings"
Yerry: iya, trus biar muncul function nya gmn ya
riko.saputra: pada kotak "Mapping" klik 2 kali
Yerry: trus
riko.saputra: nanti ada tabel2 seperti yang kemaren itu..
yang sebelah kiri field pada database, yang kanan pada decoder..
isi field nya di klik aja
Yerry: udah tuh
riko.saputra: nanti ada " ... " di sebelah kanan kotak
Yerry: ada "titik" tiga
ya
riko.saputra: itu isi function yang bisa digunakan
riko.saputra: nanti akan muncul isi function2 beserta petunjuknya parameternya pak
Sunday, 11 October 2009
Mengurus Ijin SITU , SIUP dan TDP di Bandung
Kalau rekan-rekan mau mengurus sendiri perijinan ini bisa datang ke BOSS ( Bandung One Stop Seervice ). Alamatnya di jalan Cianjur N0.34 Bnadung, telp 022 7217487. Lokasinya sebelahan belakang dengan IBCC.
Ruangan BOSS sangat representatif , jauh dari kesan kantor birokasi.
Untuk perijinan HO / SITU ada beberapa persyaratan yang membutuhkan surat-surat keterangan diantaranya :
- Surat persetujuan pemilik tanah/bangunan, jika bukan milik sendiri.
- Ijin tetangga.
- Keterangan Domisili dari Lurah dan Camat.
- Pernyataan tentang kesanggupan memenuhi dan mentaati ketentuan pelestarian hidup.
Form point tiga, disediakan di kelurahan. Besarnya biaya pengurusan surat keterangan domisili tergantung nego dengan Lurah dan Camat. Katanya aturan resminya cuman biaya mengganti form domisili Rp 16.000,- ditambah sumbangan sukarela. Namun kenyataannya ada teman saya yg pernah mengurus, biayanya tergantung nego dan siapa pejabatnya. Untuk kelurahan meminta jasa berkisar 250.00 sampai dengan 350.000. Sedangkan kecamatan lebih besar, berkisar 500.000 sampai 1 juta. Hmmm.....
Semoga pejabat dikotaku ikhlas menjadi pelayan masyarakat. Bukankan pemimpin yg amanah dijamin Alloh masuk surga ya ? Amin
Form point empat bisa dibuat sendiri.
Semoga bermanfaat.